Bukan Menipu sih, Cuma Kurang Jujur aja.. :p #Olshop

Ini tentang pengalaman terburuk pertama saya berbelanja Online.

PRAKATA dulu ya 😀

Selama ini dah taonan transaksi baik Jual maupun Beli di Online Shop ya so good aja. Order, dikonfirmasi total biaya, transfer, barangpun di kirim (sumtime dpt no resi sumtime nggak), and BARANG di TERIMA, sesuai dengan estimasi. Ya paling komplain seputar kurir things, yg menyebabkan barang sampe delay sehari/2 hari.

Sebaliknya, as a Seller juga, saya mengusahakan barang dikirim RIGHT AWAY upon received the money(s) selama masih memungkinkan ngejar kurir hari itu juga. Dan sebisa mungkin saya info nomor resinya sbg tanda bahwa barang sudah bnr2 terkirim. (ahh ONLINE SHOP gini2an mah dah pasti sudah tau lah.. :p ) Dan sudah spontanitas waktu Buyer/Customer checking/komplain barang yg sudah seharusnya sampai, saya bantu check ke kurirnya, bahkan pernah sampai ke kurir destinasi demi memastikan barang memang ada dan sudah/akan di delivery ke Customer. Itu sudah hukum alam kayaknya..wekekekek. Selama komplain masih masuk akal saya akan mati2an membantu Customer saya, dan selama saya punya alasan untuk komplain ke kurirnya saya jg akan mati-matian komplain & insisting them untuk kasih status barang. #SADIS ihiyy.. INTINYA, Customer is above all. Soalnya ya ini menyangkut nama baik kita sebagai seller juga toh yes? 😀

Tapi case yang ini agak beda niyh.. Kenapa saya bilang kurang jujur hayooo.. ?

CASE 

Kali ini saya order 2 pasang sepatu di Olshop Sepatu ‘home industry’ nya seorang teman lama di masa kuliah yang notabene si Olshopnya ini di jalankan oleh sang istri. Nah sudah tau kan, dengan siapa saya bermasalah? of course dgn ‘nyonya’ bin adminnya yang memang sy tidak kenal. Sudah lama gak ketemu kabar dengan sang teman ya biasalah berkat Facebook ketemu lagi, eh ternyata dia usaha home industri Sepatu Wanita. Thats it! Tapi berhubung saya orangnya parno kalau beli-beli sepatu di online shop *takut ga muat ..maklum kaki besar 😀 jadi sejauh ini cuma liat-liat aja, beberapa ada yg lucuk menurut sayah hehhe..

Jadiiiiiii..akhirnyaaa karena saya ini kalo ke mall suka gak kebagian jatah waktu milih-milih sepatu #apalagi baju 😛 karena kiddos keburu pada brutal huikkss.. saya add dah itu akun OLshopnya. Kebetulan di situ ada Koleksi Last Stock, barang cuci gudang yang masih ada. BUKAN PRE-ORDER lohh yaaa..

Note :saya ini ANTI BARANG PRE-ORDER apalagi yang Customize. Tipikal orang yang senengnya beli barang untuk bisa cepat langsung di pakai males nunggu-nunggu barang yang sumhow hasilnya belum tentu sesuai or bagus. Udah nunggu suruh baar duluan, belum kalo delay :p, begitu sampe jrengg… nggak banget!

So, saya order sepatu size 37 buat gift seseorang. *tinggal satu2nya katanya (see? berarti brg ready stock ya), satunya lagi buat saya, tp bingung mau pilih yang mana. Ada 2 style sepatu lucuk, sebut aja Style A & Style B. Akhirnya mutusin milih Style B size 39. Setelah di tanya katanya si Style B ini kosong sizenya. KOSONG! Again, berarti kita lagi bahas barang ready stock donk…ya kannnn?? ya kan? Karena katanya kosong akhirnya saya sedikit memaksakan diri pilih Style A karena sayang ongkir gitu lohh. Modelnya suka cuma gak ada pilihan warna, item doank. Yasud CONFIRMED! via BBM biar cefeett. Dua pasang sepatu size 37 & 39.

Waktu itu hari Sabtu, pagi2 mau tamasya ria ke Taman Safari, Cisarua maka saya bbm lah belio utk kasih details total belanja,maksud hati sih kalo responnya cepet mau transaksi sebelum brangkat, syukur2 bisa dikirim same day. Tapi apa daya lama, belakangan tau katanya anaknya lg sakit. OK laa… Jadi saya bilang di note dulu nanti pulang dari Cisarua agak malam saya transfer. She said OK! Tapi di jalan saya tanya no rekeningnya dulu buat di keep juz in case nemu ATM di sana *eh bener ada kok. Tapi bbm cuma di read doank, lama bgt baru kasih no rek. ya dah nanti saja.

Janjipun saya penuhin, malemnya biarpun capek banget, abis tidurin kiddos, saya sempetin bangun demi mentransfer belanjaan #tar kl ga transfer bisa2 nama saya bisa masuk ke Album daftar blacklist Buyer belio di FB #LOL. Bukti transaksipun di BBM. Dengan harapan, Seninnya di kirim, kan besok Minggu. She said thanks OK, later di info no resinya. SIP!

Besoknya and besoknya gak ada info resi (ah no problem laa..yg penting brg di kirim paling 2-3 hari dr Bandung mah nyampe). Di Timeline FBpun saya liat belio ada posting nomor resi, cuma 3 no resi, tidak ada resi saya. katanya yang lain nyusul.. ouww mungkin sibuk and baru sempet update 3 resi #wew :p Gak perlu di komen laa.. Tapi etapi..kok tau2 dah hari Jumat ya? kok gak ada paket sampe? malah paket2 yg blakangan order di OS lain sdh pd dateng. mulai bertanya2.

Buka FB si Olshop, ternyata ada beberapa buyer yg tanya2 barang/status juga Ikut nimbrung deh disitu.. Tapi tidak satu kata replypun dari belio ini baik di FB,BB or sms,bahkan katanya telfon ga diangkat. Saya tanya baik2 juga via BB barang dikirim kapan n minta no resi.Tapi cuma di baca saja, di PING sekali jg di baca saja 😀 #wihh binun

Mulai resah gelisah 😀

Karena gak ada respon jg, akhirnya ambil jalan pintas. SMS sang teman aka misuanya. Singkat kata aja ya. Dari sang teman saya tau bahwa sanya katanya salah satu dari Sepatu yang saya order (si Style A size 39 itu ) adalah barang  PRE-ORDER! jrengg! dan baru selesai produksi and rencana di kirim besok! (waktu itu hari Sabtu). Ngok!! Did i order Pre-Order thing here? Bukankan saya ada check size?

Pantes ya gak sampe2 barangnya lha wong belum di kirim! Cuma yang disayangkan kenapa gak di respon, dan gak di info dari awal kalau TERNYATA itu barang sebetulnya gak ada tapi di buat ‘seolah-olah’ masih ada. Jadi semacam jebakan jadinya. Sedangkan payment jg full. ini yang saya maksud si Seller Kurang Jujur.. saya gak bilang menipu ya, sis .. hehehe.. cuma agak merasa sedikit di’permainkan’

Yang menarik (baca=ANEH), waktu saya coba untuk follow up di FB-nya, ternyata saya di UNFRIEND! hahhah.. saking kaget akan ke anehan ini saya jd parno, “ini tadinya emang gak “FRIEND”-an apa bener saya di REMOVE/UNFRIEND ya. Soalnya rada ‘terbakar’ jadinya n udah langsung terketik kalimat2 komplain di otak yang mau di kirim xixixii..jadi siapa tau salah jadinya menyakinkan diri dulu. Ternyata memang di Remove, krn sebelumnya saya sering liat belio ini online di FB Chat ! :D:D:D

Dari awal tanya status barang gak sekatapun di reply, tiba2 barang belum sampaipun dia udah Unfriend customernya. Geeezzz… Dan saya gak sendiri, beberapa yg sebelumnya tanya2 status jg ternyata di ‘buang’ juga.. wellehh! wonderful action #LOL. Dan pula di TENDANG dari Groupnya jiahh..

Terakhir menurut sang misua, katanya dari pada komen miring terus ya di remove aja… jiaaaaahhh… 11-12! Tanya status pengiriman/resi kok diblang komen miring? piye sih mbak..sis…buuu….? #gatel deh jadinya eikehhh.

Kalo mereka2 yang bawel pada nanyain orderan PO-nya, ya wajar deh merasa kesel or gak mau respon, tapi eikehhh kan order barang ready kali bu..? Ampun deh si ibu ini.. ?

Mengambil sikap seperti ini kepada Customer IMHO sih bukan tindakan yang bijaksana ya. Kenapa tidak di respon saja satu kali, kalau memang selanjutnya si Customer yang tidak mau mengerti juga dan terlalu cerewet nah baru deh boleh ambil tindakan extrim. Kalau sekedar tanya status pengiriman atau tanya resi apa yang salah? Sumhow kalau di case saya, mungkin belio memang dari awal ‘kurang jujur’ aja.. dan merasa sungkan untuk info yang sebetulnya bahwa barang satunya itu sebetulnya tidak ada/kosong tp ya daripada gak ada pemasukan :D:D *toh bisa ngebut di produksi gitu kali yaa… #imaginasi_tingkat_tinggi wkwkkwk.. Tapi daripada di jawab dan mengakibatkan pertanyaan2 selanjutnya maka berdiam diri lah dia saja.. Padahal seburuk-buruknya alasan walaupun akan menuai protes/komplain, setidaknya gak akan menimbulkan NEGATIVE THINKING yang berlebihan,

Sampai akhirnya barang di terima, sebelumnya saya ada tanya lagi resi di FBnya, dan still she did not gimme any responses!

Sekian !  Mohon maaf kalau terkesan lebay .. :D:D

To be honest, in the end saya jadi gak enak hati sama sang teman, karena sudah komplain abis2an soal ini, tp ya gimana.. memang bener2 mengecewakan sih. And for sure, that would be my First and Last Order! Sayonara.. *delcont*

Sorry friend.. mudah-mudahan bisa lebih  bijaksana aja ya dalam menghadapi para customer yang katanya buanyak banget and bikin pusing itu 😀

oya, ini cuplikan isi komplenan saya wkt itu.. *isengbener :p

Image

9 thoughts on “Bukan Menipu sih, Cuma Kurang Jujur aja.. :p #Olshop

  1. jadi akhirnya nyampe ga tuh barang tan? sesuai yg di deskripsikan kah? 😀

    Btw rata2 seller akhir2 ini emang kayak gitu sih -_-!
    imbas menjamurnya facebook, BB dan socmed lainnya, siapapun bisa buka online shop .
    Tapi buyer2 jaman sekarang juga parah2 sih tan , banyak yg aneh2 juga ;p

    bbrp tahun lalu waktu gw masih aktif jadi seller, komunitas seller masih asik, buyer juga rata2 udah ngerti cara transaksi ,dan tahu proses-nya (jadi sama-sama enak) 🙂
    Rata2 seller jaman dulu, kalau ga produksi sendiri, import sendiri, atau ga distro(tangan ke dua) , nah kalau sekarang banyak sistem reseller apalagi dropshipper, maka sering tuh muncul “ketidakpastian” kayak gitu, apalagi kalau mata rantainya panjang , ditambah org2 yang emang cuma iseng jualan.

    Kalau gw liat dari kasus-nya sih emang ol shop-nya masih amatiran, segala order diterima *yg penting uang udah masuk, masalah lainnya urus belakangan, tapi yang paling parah itu pas konsumen complain , ga ditanggapi malah diremove friend (bisa kena pasal penipuan kayaknya hahaha) karena ga ada itikad baik dari si ol shop itu untuk setidaknya menjelaskan kenapa barang blm sampai. Nah lo mah bisa sms sang suami-nya, kalau customer lainnya “pigimana” 😀 hehe

    Like

    • Sampe hari selasa minggu dpnnya setelah transfer. Dengan packingan yg ala kadarnya,dimasukin ke box antah berantah,tanpa lapisan apapun di dlmnya (bukan boxnya dia). Ya untuk ukuran yg katanya produknya udah ada di salah satu (eh beberapa ceunah) Factory Outlet mah kurang elit ye wekekekke.. kecuali kl harganya cuma 20rebong.. di ITC2 aja spatu 35rb aje dah pake box sesuai merknya kok hihihi.. Review sepatunya, yg jelas punya gw agak longgar pdhal gw tuh mentok size 39 kadang 38 malah, dan agak gerah/panas ya.. modelna ma mayan lah :p kl ga mayan gw ogah beli hihi

      Nah iya tuh soal dropshipper2 hari gini emang dah byk, tp Gung..sumhow balik lagi ke kebijaksanaan si Seller lah, makanya ada seller2 yang nentuin MINIMUM ORDER buat Pembelian pertama utk syarat jadi Reseller Dropshipper, ya kalo ga ada minimum and bisa minta Custom pula, itu ya resiko Seller. Buyer/Reseller mah asyik2 aja, lha wong boleh kok? ya gak sih? jgn ke depannya dia jd misuh2in reseller yg bertingkah macem2 yg sbetulnya dah bs diperkirakan.

      Yang paling aneh bin ajaib ya itu me REMOVE dari Friendlist. haduh, emang jualan mau sampe besok doank kali ya? wkwkwkkk.. gw tadinya dah marah bgt n pundung, menta refund aja kl emang blm jadi juga spatu gw itu. Tapi tetep gak di gubris. Iya untungnya gw nekad blanja situ krn itu punya tmn gw jd bisa pake senjata pamungkas, sebelumnya mah samsek ga in touch ma dia, bukan bagian dia. Kebayang kan kalo didiemin sribu bahasa gitu, makanya marenan itu ada Buyer yg berulang2 koment di Fbnya, bikin Wall post juga..malah jd ajang chatting sesama buyer yg di cuekin jg, termasuk gw hahaha.. dah kyk sampah kita di situ..di ‘BUANG’ LOL

      __ini komen dah ampir sm panjangnya ma postingan___ =))))))

      Like

  2. Ck ck ck ck ck ck ck ck ck
    Baru kali ini nemu olshop yg meng-unfriend konsumennya *geleng2*
    Untungnya dirimu kenal sama suaminya mbak, coba kalo enggak?

    Like

    • he eh..aneh bin ajaib.. tetep sih yg dipikiranku dia itu awalnya cuma kurang jujur aja. Gak ada ya bilang aja gak ada, apa krn tau aku mau beli 2 pasang makanya dipaksain ‘ada’. MIskom deh jadinya.
      IYa kalo gak kenal ma suaminya aku yo males sih beli2 sepatu di olshop, tp dr awal aku sih ga libatin temenku itu dlm orderan ini. Kalau gak kenal yaaaa…nunggu nasib wkwkw.. berharp dia gak ‘lupa’ aja ngirimnya.. lah gmn ditanya resi/kpn kirim via BB ga di resppon, di FB jg nggak, bahkan katanya yg sms & telpon jg ga di bls/angkat, apalagi minta refund.. 😀

      Like

  3. Pingback: Lebih Mudah & Praktis dengan Online Shop :D |

Leave a comment