“Punya dua ratus rupiah..?” @__@

Cuma Rp.200,- gak masalah. No problemo! Tapi kalau tiap-tiap dateng selalu di  tanyain begini ya ribet juga rasanya, transaksi jadi terasa lelet bin lama. Kalau jualan ya wajib harus kudu sediakan/stock recehan sampe sekecil-kecilnya donk. Ya nggak sih… iya ajalah :p

Itu pengalaman saya makan di Burger King *gak apa-apa kan sebut merk terang-teranganan?* Belakangan papanya anak-anak lebih seneng makan Fried Chickennya Burger King, dan saya suka Burgernya, maksudnya biar gak makan yg berat-berat.. *maklum udah sangat berat niyh* hihihii.. Selain bosen sama junk food-junk food Fried Chicken yang sudah ada, Fried Chicken di Burger King ini lumayan enak juga kok, plus harga paketannya gak pada nanggung, terbilang murah untuk paketan yang isinya dah pake softdrink + French Fries. Dan porsinya pas untuk ber-4, gak berlebih-lebih and gak bersisa-sisa 😀

Cuma ya itu tadi, kayaknya udah 3 kali-an setiap transaksi di kasir, saya selalu di tanyain “punya dua ratus rupiah?” Kalau ada ya biasanya spontan saya kasih, tergantung mood juga *males ngorek2 tas/kantong jeans* Tapi seinget saya, pas gak pernah punya.. dua ratus gituhh lohh..kalau gopek mungkin ya masih suka simpen2 di kantong jeans.

Alasannya mereka gak punya recehan, kurang 300 perak, ya sudah akhirnya saya biarin aja (baca=ngalah) abis gimana dianya gak mau rugi.. biar cepet aja urusannya, dah laper! #Itu satu kali!

#Kedua kali, makan lagi di situ dengan menu yang sama ya paling beda burgernya aja,eh di tanya lagi. Saya kasih lagi biar cepet. Lucunya selang beberapa menit saya naroh baki ke meja, ada yang kelupaan, sayapun order 1 item lagi (sama KASIR YANG SAMA ORANG YANG SAMA, dan  kami duduk di depan kasir lhooo) nasi or es krim ya waktu itu..*lupa* nominalnya kalau gak salah ada 200 peraknya.. Kirain dia bakal langsung deduct dari utang nya dia ke saya “barusan” itu.. ehhh di tungguin 200 peraknya! wkkkwkwkkw… haduh embak… you lupa apa pura-pura lupa yahh… ? seingat saya waktu itu cuma ada beberapa tamu doank di situ. 😀 Kok jadi kayak modus 😛 *mayan toh 200 perak sehari kalil berapa tamu? *neting*

OK, gak mau mbahas saya keluarin gopekan, trus dia kembaliin 300 perak 😀

KETIGA! 

Makan situ lagi, ditanya lagi!!

Kasir : “Ada 200 rupiah?”

Saya : “gak ada..”

Kasir : “gak ada 200nya, kembalinya kurang 200,-

Saya : “ya udah gak apa-apa.. *mulai komplen* perasaan sering banget ya kayak begini, udah tiga kali saya  dimintain 200 tiap kali kesini..bukan soal Rp. 200,- nya sih ya mbak, cuma ribet aja gitu..” *wew*

Ternyata lagi saya ngomong gitu di denger kali sama si Store Manager or Supervisor or whateverlah.. Dia dateng nanya kurang berapa ke si Kasir, trus doi bilang : “Di lebihin aja, kalau gak ada kembaliannya kalau bisa JANGAN DI KURANGIN kembalianya, lebihin aja”

Akhirnya di kasih deh tuh gopekan ke saya! Kemana aja atuh bapak.. ? dari awal hire karyawan harusnya di training donk soal gini-ginian. Kalau minta sumbangan bilang aja sekalian kan jelas *waduh mulai nyinyir hahhahaah* 

Pesan Moral buat tukang jualan *termasuk saya* : Sedia payung sebelum hujan! Alias sedia pelor sebelum perang *hallah* Kalau jualan dengan harga yang ada receh-recehannya ya harus siap sedia sama uang kecil buat kembalian. Apalagi kalo ada tax-tax an, sudah pasti ada recehannya.

Setuju? setuju gakk? yang nggak setuju pasti suka nagih-nagih recehan ke customernya.. *yaaa nuduh* wkkwkwkwkwkk..

4 thoughts on ““Punya dua ratus rupiah..?” @__@

  1. Kayaknya si kasir paham bener klo pembelinya itu rata2 ndak mau ribet dan nunggu atau repot2 nyari recehan buat nambah2in bayar, jadinya mereka lebih milih mengikhlaskan dengan terpaksa yg recehan tadi untuk mbak kasir. Dan peluang ini yg ditangkap mereka *analisa apapun apakah*

    Like

    • nah iya itu dia. jadi kayak modus makanya. Bayangkan satu hari 200 perak dari berapa ratus transaksi? wkwwkwkwkk.. numpuk dah! 😀

      Like

    • ahaha iyaa tuh..tp AlfaMArt deket rumah saya setelah sering di komplen, ada improvement mbak.. gak pernah lagi kayak gitu apalagi pake permennn..please deh hihiihi.. suka saya balilkin :”kapan-kapan saya bayar pake permen, ya?” :p

      Like

Leave a Reply

